Langsung ke konten utama

Cara Menambah Ukuran Kertas F4 ke Daftar Ms Word

Biasanya kita menggunakan kertas A4 atau F4 untuk membuat dokumen kita. Ukuran kertas A4 sudah tercantum dalam daftar ms Word, tetapi ukuran kertas F4 belum tentu ada dalam daftar tersebut. Kita bisa saja membuat custom size pada dokumen yang akan kita buat, akan tetapi bila dokumen yang dibuat sering menggunakan kertas F4, maka ada baiknya kita menambahkan sebuah ukuran kertas F4 dalam daftar kertas yang ada di microsoft word.

Tentunya akan lebih mudah dan enak jika kita ingin memakai ukuran kertas F4 kita hanya perlu klik ribbon layout lalu pilih item untuk ukuran kertas F4. :D

Gambar:  Memilih kertas F4 dari daftar kertas microsoft word

Bila di microsoft word anda belum memiliki ukuran kertas F4, anda dapat menambahkan ukuran kertas F4 tersebut ke dalam daftar ukuran kertas microsoft word dengan menggunakan langkah berikut :

  1. Buka dialog Printer, cara mudahnya tekan tombol CTRL+P
  2. Klik tombol properties yang ada di bagian kanan atas dialog
  3. Selanjutnya pada dialog properties printer pilih tab Main
  4. Kemudian pada kotak Size pilih item User Defined
  5. Gambar:  membuat kertas sendiri (user defined)

  6. Kemudian anda akan ditampilkan dialog User Defined Paper Size
  7. Ketikkan nama kertas, misal F4, 8.5x13"
  8. Isikan ukuran kertas, jangan lupa dalam bentuk inchi
  9. Isikan kotak Paper width dengan 850
  10. Isikan kotak Paper Height dengan 1300
  11. Kemudian klik tombol Save
  12. Ukuran kertas F4 yang kita buat dengan nama F4, 8.5x13" akan muncul di daftar paper size
  13. Gambar: Mendefinisikan ukuran kertas F4 dengan nama F4, 8.5x13

  14. Klik OK untuk menutup dialog User Defined Paper Size.
  15. Klik OK lagi untuk menutup dialog Properties printer
  16. Klik tombol Close untuk menutup dialog printer.
  17. Ukuran kertas F4 dengan nama F4, 8.5x13" sudah ditambahkan dalam daftar ukuran kertas microsoft word.

Tips Cara Menambah Ukuran Kertas F4 ke Daftar Ms Word

Properties printer yang digunakan adalah properties printer Epson TX121. Bisa jadi properties printer anda memiliki tampilan yang berbeda

Komentar

  1. Untuk epson l120 nggak bisa..

    BalasHapus
  2. Bisa, matursuwun sanget����

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana yah caranya? epson l210 nggak bisa loh

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Terimakasih..sangat membantu..

    BalasHapus
  4. Ga bisa kenapa ya Canon mp285

    BalasHapus
  5. Kok ttp ngga bisa yah? Mohon bantuannya

    BalasHapus
  6. Makasih kak informasinya. Saya menggunakan epson ip2770 tetapi tidak ke save. Mohon bantuan nya kak. Makasih

    BalasHapus
  7. Mungkin ini bisa dijadikan bahan pembanding:

    Pergilah ke Control Panel | Printer and Device
    Cari icon printer yang anda gunakan, kemudian Klik kanan mouse pada icon printer, lantas sorot dan klik Printing Preference
    Pada Printing Preference, cara tab Main: Klik panah kecil pada colom document size, pilih user defined

    Ubah beberapa parameter

    Aktifkan radio button mm (satuan mili meter) kemudian ubah user defined menjadi F4/Folio

    Paper width isikan dengan angka : 215
    Paper Height isikan dengan angka : 330

    Klik save
    Klik OK

    sumber:
    "https://sekarringidep.blogspot.com/2018/08/menambah-ukuran-kertas-f4-di-komputer.html"

    BalasHapus

Posting Komentar

SPAM akan dihapus.

Post Terkait

Tidak ketemu? Coba cari..

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghitung Skala Peta, Luas Dan Jarak Sebenarnya

Skala adalah ukuran yang dipakai untuk mengukur perbandingan ukuran sesuatu gambar atau model dengan ukuran sebenarnya. Pembahasan mengenai skala pada artikel ini terbagi atas: Pengertian Skala Skala Angka pada Peta Menghitung jarak sebenarnya Menghitung luas Pada Peta Membuat Skala Peta Skala Batang pada Peta Contoh Penggunaan Skala pada Peta Google Map Pengertian Skala Definisi skala peta adalah jarak atau ukuran sebenarnya (yang asli) dianggap sama dalam suatu ukuran pembanding yang biasanya lebih kecil. Skala biasanya berupa angka perbandingan atau juga dapat berupa garis atau titik tanda yang berderet-deret yang sama jarak antaranya. Salah satu penggunaan skala yang paling penting dan paling sering adalah skala dalam gambar peta. Dengan menggunakan skala angka pengukuran jarak atau panjang yang ada di dalam peta akan dapat diperoleh dengan lebih presisi/tepat sesuai dengan ukuran skala. Ada dua jenis skala yang biasanya digunakan pada peta, yakni skal...

Cara Membuat Dua Baris Ketikan Dalam Satu Sel Ms Excel

Umumnya sebuah sel di microsoft excel terdiri atas satu baris saja. Apabila baris ketikan yang kita miliki panjang dan melebihi lebar sel maka kita bisa membuat ketikan tersebut dilanjutkan pada baris berikutnya dalam sel yang sama dengan menggunakan wrap text. Selanjutnya kita bisa membuat baris baris kedua, ketiga dan berikutnya dengan memanfaatkan sel yang ada dibawahnya. Sebenarnya bila kita ingin, kita bisa membuat sebuah sel di microsoft excel memiliki dua baris atau lebih, tanpa harus mengunakan beberapa sel. Kuncinya adalah bila kita ingin membuat baris baru, tombol yang kita tekan adalah ALT+ENTER . Untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut. Ketik baris pertama pada sebuah sel Pada akhir baris pertama, tekan tombol ALT+ENTER Selanjutnya ketik baris kedua, dan pada akhir baris tekan kembali tombol ALT+ENTER untuk membuat baris ketiga Ulangi lagi untuk baris ketiga dan seterusnya Bila ketikan untuk sel tersebut telah selesai, tekan tombol ENTER Bila ketikan a...

Rumus Luas Lingkaran

Aplikasi pemakaian lingkaran dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak sekali dan tidak jarang kita perlu mengetahui luas suatu lingkaran. Rumus luas lingkaran adalah pi dikali kwadrat dari jari-jari atau pi dikali seperempat kwadrat diameter. Pi merupakan suatu bilangan konstanta (tetap) yang memiliki nilai sekitar 22/7 atau sering ditulis dengan 3,14159… Untuk menghitung luas lingkaran rumus yang digunakan adalah sebagai berikut: Contoh soal 1: Berapakah luas sebuah lingkaran yang memiliki jari-jari 15 cm? Jawab: Contoh soal 2: Berapakah luas sebuah lingkaran yang memiliki diameter 9 m? Jawab: Untuk menghitung luas lingkaran di microsoft excel kita bisa menggunakan fungsi PI(). Dengan menggunakan fungsi PI() tersebut kita bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat. Sebagai contoh untuk soal 2, formula atau rumus perhitungan luas lingkaran yang kita gunakan sebagai berikut : = 1/4*PI()*9^2 Atau bila anda ingin menggunakan referensi sel maka dapat dilihat pada contoh be...

Trik Membuat Rumus Matematika Rumit Menggunakan Tabel

Saat mengetik skripsi atau tesis biasanya kita perlu juga mengetik rumus matematika. Untuk membuat rumus matematika yang sederhana seperti halnya hanya berupa rumus, fungsi atau pun persamaan kuadrat / polinomial kita bisa menggunakan cara membuat rumus matematika sederhana. Lantas bagaimana bila rumus tersebut cukup rumit seperti yang tampak pada gambar di bawah? :) Untuk membuat persamaan di atas kita bisa memanfaatkan tabel. Kelebihan penggunaan tabel dan rumus sederhana adalah dokumen yang kita buat memiliki kompatibilitas tinggi karena akan bisa dibuka oleh aplikasi Microsoft Word yang tidak memiliki equation editor. Cara untuk membuat rumus matematika tersebut adalah sebagai berikut : Pertama-tama perhatikan bahwa rumus tersebut sebenarnya baik pembilang maupun penyebut yang ada pada rumus tersebut merupakan bentuk rumus sederhana yang hanya menggunakan simbol dan pangkat. Bila anda membuatnya dalam bentuk tabel anda bisa membuatnya menjadi tabel dengan ukuran 2 baris...

Cara Menghitung Rata-Rata Nilai di Ms Excel

Perhitungan merupakan kelebihan microsoft excel. Kita bisa mendapatkan nilai rata-rata dari sekumpulan bilangan dengan mudah menggunakan fungsi AVERAGE . Dengan Average anda tidak perlu melaukan perhitungan mencari nilai rata-rata secara manual. Berikut cara untuk menggunakan fungsi AVERAGE pada dokumen microsoft excel. Letakan posisi kursor pada sel yang akan diberikan hasil perhitungan Ketik =AVERAGE( Pilih atau blok sel yang akan anda hitung rata-ratanya, misal D5:D14 . Ketik ) (tutup kurung), sehingga rumus lengkapnya =AVERAGE(D5:D14) Tekan enter Nilai rata-rata akan ditampilkan Tips Cara Menghitung Rata-Rata Nilai di Ms Excel Bila di area sel yang akan anda jumlahkan memiliki ada sel kosong atau yang berisi bukan bilangan atau angka, maka sel tersebut akan diabaikan (tidak diikut sertakan) dalam perhitungan nilai rata-rata. Bila anda ingin sel yang berisi teks juga diikut sertakan dalam perhitungan rata-rata maka gunakan fungsi AVERAGEA .