Langsung ke konten utama

Cara Mengatur Penulisan Angka Desimal (Di Belakang Koma) Ms Excel

Pengaturan format angka atau bilangan di microsoft excel merupakan hal yang sering dilakukan saat kita membuat laporan keuangan, rangkuman hasil penelitian, rekapitulasi stock opname barang dan masih banyak lagi. Masing-masing pekerjaan tentu membutuhkan format penulisan angka yang belum tentu sama atau bahkan bisa saja berbeda antara satu dengan lainnya. Saat membuat laporan keuangan kita mungkin membutuhkan format desimal dengan dua angka di belakang koma, sementara untuk hasil penelitian (riset) mungkin kita membutuhkan 4 angka dibelakang koma. Oleh karena itu topik tulisan kali ini masih akan membahas tentang pengaturan format tampilan sel microsoft excel yang telah dibahas sebelumnya. Microsoft excel memberikan kemudahan bagi kita untuk mengatur tampilan teks/tulisan dari data yang kita miliki melalui dialog Format Cells. Dari data yang sama, kita bisa menampilkannya dalam berbagai bentuk format termasuk untuk tampilan angka desimal (dibelakang koma). Bila kita memiliki data yang tidak sama nilai desimalnya, maka kita bisa membuat tampilan data menjadi lebih menarik bila semua tampilan data menjadi seragam, misalkan dengan membuatnya menjadi 2 angka dibelakang koma atau empat angka dibelakang koma.  

Gambar: Contoh tulisan desimal 4 angka dibelakang koma di Microsoft Excel

Sebagai contoh, misalkan kita memiliki angka 9,87 dan 6,54321. Bila kita seragamkan menjadi angka desimal dengan 2 angka dibelakang koma maka kedua bilangan tersebut menjadi 9,87 dan 6,54. Bila kita ingin menjadikan 4 angka di belaka ng desimal maka nilai keduanya adalah 9,8700 dan 6,5432. Untuk membuat dan mengatur format penulisan angka desimal seperti di atas anda dapat menggunakan langkah berikut :
  1. Ketik angka pada sel microsoft excel terlebih dahulu, misalkan 9.87
  2. Lalu pilih atau blok sel yang akan anda atur formatnya
  3. Klik kanan pada sel atau blok sel tersebut
  4. Kemudian pilih item Format Cells
  5. Pada dialog Format Cells pilih tab Number
  6. Kemudian pilih item Number dari daftar Category
  7. Pada panel bagian kanan isikan pada kotak Decimal Places dengan angka 4 untuk memunculkan 4 angka dibelakang koma
  8. Selanjutnya klik tombol OK
  9. Sel akan menampilkan format angka desimal 4 angka dibelakang koma
 

Gambar: Cara format cells untuk memunculkan tampilan angka desimal 44 angka dibelakang koma di di Microsoft Excel

Tips Cara Mengatur Penulisan Angka Desimal (Di Belakang Koma) Microsoft Excel

Pada dialog format cells tersebut selain mengatur penulisan untuk angka desimal, anda juga bisa langsung memunculkan separator untuk ribuan dengan cara memberikan tanda check pada item Use 1000 separator

Komentar

  1. langsung coba dan langsung berhasil.
    terimakasih banyak

    BalasHapus
  2. saya kok g ganti y bang, padahal udah t ghanti

    BalasHapus
  3. help mau tanya dong cara format seperti ini
    contoh: 6882204880 menjadi 6.88 secara otomatis ?

    BalasHapus
  4. solusimasalahcerdas.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Terimakasih sangat membantu

    BalasHapus
  6. Maaf kalau kasus begini gmn solusinya
    Angka 120.000
    Menjadi 1,20,000

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga mengalami kasus ini
      apakah ada solusinya

      Hapus
    2. Saya juga mengalami kasus yg sama, mohon solusinya kak.
      Penulisan 150.000
      Menjadi 1.50.000

      Hapus
  7. Kalau saya ada kasus di file data base excel sudah dibuat 2 angka dibelakang koma contoh angka awal 86,70677889 dan angka tsb dibuat menjadi 86,71 dan angka tsb nantinya akan muncul 86,71% ketika ditampilkan di websistem, nah ketika angka tersebut diinput didalam websistem yang muncul angka pertama tsb yaitu 86,70677889% nah bagaimana agar angka tersebut bisa muncul 86,71 %????? tanpa menghilangkan banyak angka secara satu persatu.

    BalasHapus
  8. terima kasih informasinya, langsung berhasil

    BalasHapus
  9. Saya punya masalah angka yg seharusnya ditulis 36.517.058,85 tapi setelah di enter keluar 36.517.058,00 pada excel.gimana aolusinya

    BalasHapus
  10. Cara mengubah misalnya 9836955880 menjadi 9836955,880 dst begitu bang
    Gmn caranya?

    BalasHapus

Posting Komentar

SPAM akan dihapus.

Post Terkait

Tidak ketemu? Coba cari..

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghitung Skala Peta, Luas Dan Jarak Sebenarnya

Skala adalah ukuran yang dipakai untuk mengukur perbandingan ukuran sesuatu gambar atau model dengan ukuran sebenarnya. Pembahasan mengenai skala pada artikel ini terbagi atas: Pengertian Skala Skala Angka pada Peta Menghitung jarak sebenarnya Menghitung luas Pada Peta Membuat Skala Peta Skala Batang pada Peta Contoh Penggunaan Skala pada Peta Google Map Pengertian Skala Definisi skala peta adalah jarak atau ukuran sebenarnya (yang asli) dianggap sama dalam suatu ukuran pembanding yang biasanya lebih kecil. Skala biasanya berupa angka perbandingan atau juga dapat berupa garis atau titik tanda yang berderet-deret yang sama jarak antaranya. Salah satu penggunaan skala yang paling penting dan paling sering adalah skala dalam gambar peta. Dengan menggunakan skala angka pengukuran jarak atau panjang yang ada di dalam peta akan dapat diperoleh dengan lebih presisi/tepat sesuai dengan ukuran skala. Ada dua jenis skala yang biasanya digunakan pada peta, yakni skal...

Cara Membuat Dua Baris Ketikan Dalam Satu Sel Ms Excel

Umumnya sebuah sel di microsoft excel terdiri atas satu baris saja. Apabila baris ketikan yang kita miliki panjang dan melebihi lebar sel maka kita bisa membuat ketikan tersebut dilanjutkan pada baris berikutnya dalam sel yang sama dengan menggunakan wrap text. Selanjutnya kita bisa membuat baris baris kedua, ketiga dan berikutnya dengan memanfaatkan sel yang ada dibawahnya. Sebenarnya bila kita ingin, kita bisa membuat sebuah sel di microsoft excel memiliki dua baris atau lebih, tanpa harus mengunakan beberapa sel. Kuncinya adalah bila kita ingin membuat baris baru, tombol yang kita tekan adalah ALT+ENTER . Untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut. Ketik baris pertama pada sebuah sel Pada akhir baris pertama, tekan tombol ALT+ENTER Selanjutnya ketik baris kedua, dan pada akhir baris tekan kembali tombol ALT+ENTER untuk membuat baris ketiga Ulangi lagi untuk baris ketiga dan seterusnya Bila ketikan untuk sel tersebut telah selesai, tekan tombol ENTER Bila ketikan a...

Rumus Luas Lingkaran

Aplikasi pemakaian lingkaran dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak sekali dan tidak jarang kita perlu mengetahui luas suatu lingkaran. Rumus luas lingkaran adalah pi dikali kwadrat dari jari-jari atau pi dikali seperempat kwadrat diameter. Pi merupakan suatu bilangan konstanta (tetap) yang memiliki nilai sekitar 22/7 atau sering ditulis dengan 3,14159… Untuk menghitung luas lingkaran rumus yang digunakan adalah sebagai berikut: Contoh soal 1: Berapakah luas sebuah lingkaran yang memiliki jari-jari 15 cm? Jawab: Contoh soal 2: Berapakah luas sebuah lingkaran yang memiliki diameter 9 m? Jawab: Untuk menghitung luas lingkaran di microsoft excel kita bisa menggunakan fungsi PI(). Dengan menggunakan fungsi PI() tersebut kita bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat. Sebagai contoh untuk soal 2, formula atau rumus perhitungan luas lingkaran yang kita gunakan sebagai berikut : = 1/4*PI()*9^2 Atau bila anda ingin menggunakan referensi sel maka dapat dilihat pada contoh be...

Trik Membuat Rumus Matematika Rumit Menggunakan Tabel

Saat mengetik skripsi atau tesis biasanya kita perlu juga mengetik rumus matematika. Untuk membuat rumus matematika yang sederhana seperti halnya hanya berupa rumus, fungsi atau pun persamaan kuadrat / polinomial kita bisa menggunakan cara membuat rumus matematika sederhana. Lantas bagaimana bila rumus tersebut cukup rumit seperti yang tampak pada gambar di bawah? :) Untuk membuat persamaan di atas kita bisa memanfaatkan tabel. Kelebihan penggunaan tabel dan rumus sederhana adalah dokumen yang kita buat memiliki kompatibilitas tinggi karena akan bisa dibuka oleh aplikasi Microsoft Word yang tidak memiliki equation editor. Cara untuk membuat rumus matematika tersebut adalah sebagai berikut : Pertama-tama perhatikan bahwa rumus tersebut sebenarnya baik pembilang maupun penyebut yang ada pada rumus tersebut merupakan bentuk rumus sederhana yang hanya menggunakan simbol dan pangkat. Bila anda membuatnya dalam bentuk tabel anda bisa membuatnya menjadi tabel dengan ukuran 2 baris...

Cara Menghitung Rata-Rata Nilai di Ms Excel

Perhitungan merupakan kelebihan microsoft excel. Kita bisa mendapatkan nilai rata-rata dari sekumpulan bilangan dengan mudah menggunakan fungsi AVERAGE . Dengan Average anda tidak perlu melaukan perhitungan mencari nilai rata-rata secara manual. Berikut cara untuk menggunakan fungsi AVERAGE pada dokumen microsoft excel. Letakan posisi kursor pada sel yang akan diberikan hasil perhitungan Ketik =AVERAGE( Pilih atau blok sel yang akan anda hitung rata-ratanya, misal D5:D14 . Ketik ) (tutup kurung), sehingga rumus lengkapnya =AVERAGE(D5:D14) Tekan enter Nilai rata-rata akan ditampilkan Tips Cara Menghitung Rata-Rata Nilai di Ms Excel Bila di area sel yang akan anda jumlahkan memiliki ada sel kosong atau yang berisi bukan bilangan atau angka, maka sel tersebut akan diabaikan (tidak diikut sertakan) dalam perhitungan nilai rata-rata. Bila anda ingin sel yang berisi teks juga diikut sertakan dalam perhitungan rata-rata maka gunakan fungsi AVERAGEA .