Langsung ke konten utama

Cara Seleksi File dengan Checkbox di Windows Explorer

Trik memilih file di windows explorer - Manajemen file di windows biasa dilakukan dengan menggunakan Windows Explorer. Biasanya kita memilih satu atau beberapa file terlebih dahulu sebelum melakukan copy, paste, memindahkan (move), atau menghapus(delete) file. Tujuan Dengan menseleksi beberapa file atau folder sekaligus bertujuan untuk mempermudah proses yang akan kita laksanakan. Cara menseleksi file tersebut juga ada bermacam-macam, mulai dari penggunaan mouse, keyboard atau juga dengan menggunakan checkbox khusus. Berikut ini cara-cara seleksi file di Windows Explorer.

1. Seleksi File dengan menggunakan cursor mouse

Cara ini adalah paling mudah dan sering dilakukan. Klik pada area kosong lalu tarik menuju file-file yang akan disorot. File dan folder yang masuk pada kotak blok otomatis akan disorot.

2. Memilih File/Folder dengan bantuan keyboard

Cara lain untuk menseleksi file atau folder adalah dengan bantuan tombol Keyboard SHIFT dan CTRL. Caranya pilih sebuah item lalu sambil menekan tombol SHIFT kemudian klik item (file/folder) terakhir. Misalkan klik folder Boot lalu sambil menekan tombol SHIFT kita klik folder debug. Maka semua folder mulai dari Boot hingga debug akan langsung disorot (select). Bila tombol SHIFT akan memilih item yang berurutan maka dengan tombol CTRL kita bisa memilih item yang random (acak). Sebagai contoh, misalkan kita tambahkan lagi folder addins dan en-Us pada hasil seleksi dengan SHIFT sebelumnya. Caranya : sambil menekan tombol CTRL klik lagi folder addins dan en-US.

3. Memilih File/Folder dengan Menggunakan CheckBox

Untuk membantu seleksi file selain dengan mouse dan bantuan tombol CTRL dan SHIFT seperti cara diatas ada juga cara lainnya yaitu memanfaatkan fasilitas checkbox windows explorer. Sebenarnya windows explorer memiliki kemampuan untuk melakukan seleksi dengan checkbox, seperti yang biasa kita lakukan di email. Jadi kita tidak perlu menekan tombol CTRL atau SHIFT berkali-kali setiap kita akan memilih file. Kita cukup klik saja pada checkbox tersebut.
  1. Pertama-tama kita harus Mengaktifkan fasilitas checkbox Windows Explorer seperti langkah berikut :
    • Klik menu Tools lalu pilih Folder Options, atqau gunakan shortcut ALT+T, O
    • Selanjutnya pada dialog Folder Options pilih tab View lalu berikan check (centang) pada item Use check boxes to select items lalu klik OK
  2. Kini anda bisa memilih file dengan cukup hanya klik checkbox dari setiap item folder/file.

 

Tips Seleksi File dengan Checkbox di Windows Explorer

  • Ketika sedang memilih file jangan sekali-kali mengklik area kosong yang ada di antara file. Hal ini akan menyebabkan seleksi file yang anda lakukan dianggap dibatalkan, hal yang sama terjadi seperti saat kita menggunakan tanpa check box.
  • Untuk memilih semua file anda bisa gunakan CTRL+A atau memberikan centang (check) pada kotak check paling atas yang ada di sebelah kolom Nama File./Folder.

Komentar

Post Terkait

Tidak ketemu? Coba cari..

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghitung Skala Peta, Luas Dan Jarak Sebenarnya

Skala adalah ukuran yang dipakai untuk mengukur perbandingan ukuran sesuatu gambar atau model dengan ukuran sebenarnya. Pembahasan mengenai skala pada artikel ini terbagi atas: Pengertian Skala Skala Angka pada Peta Menghitung jarak sebenarnya Menghitung luas Pada Peta Membuat Skala Peta Skala Batang pada Peta Contoh Penggunaan Skala pada Peta Google Map Pengertian Skala Definisi skala peta adalah jarak atau ukuran sebenarnya (yang asli) dianggap sama dalam suatu ukuran pembanding yang biasanya lebih kecil. Skala biasanya berupa angka perbandingan atau juga dapat berupa garis atau titik tanda yang berderet-deret yang sama jarak antaranya. Salah satu penggunaan skala yang paling penting dan paling sering adalah skala dalam gambar peta. Dengan menggunakan skala angka pengukuran jarak atau panjang yang ada di dalam peta akan dapat diperoleh dengan lebih presisi/tepat sesuai dengan ukuran skala. Ada dua jenis skala yang biasanya digunakan pada peta, yakni skal...

Cara Membuat Dua Baris Ketikan Dalam Satu Sel Ms Excel

Umumnya sebuah sel di microsoft excel terdiri atas satu baris saja. Apabila baris ketikan yang kita miliki panjang dan melebihi lebar sel maka kita bisa membuat ketikan tersebut dilanjutkan pada baris berikutnya dalam sel yang sama dengan menggunakan wrap text. Selanjutnya kita bisa membuat baris baris kedua, ketiga dan berikutnya dengan memanfaatkan sel yang ada dibawahnya. Sebenarnya bila kita ingin, kita bisa membuat sebuah sel di microsoft excel memiliki dua baris atau lebih, tanpa harus mengunakan beberapa sel. Kuncinya adalah bila kita ingin membuat baris baru, tombol yang kita tekan adalah ALT+ENTER . Untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut. Ketik baris pertama pada sebuah sel Pada akhir baris pertama, tekan tombol ALT+ENTER Selanjutnya ketik baris kedua, dan pada akhir baris tekan kembali tombol ALT+ENTER untuk membuat baris ketiga Ulangi lagi untuk baris ketiga dan seterusnya Bila ketikan untuk sel tersebut telah selesai, tekan tombol ENTER Bila ketikan a...

Rumus Luas Lingkaran

Aplikasi pemakaian lingkaran dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak sekali dan tidak jarang kita perlu mengetahui luas suatu lingkaran. Rumus luas lingkaran adalah pi dikali kwadrat dari jari-jari atau pi dikali seperempat kwadrat diameter. Pi merupakan suatu bilangan konstanta (tetap) yang memiliki nilai sekitar 22/7 atau sering ditulis dengan 3,14159… Untuk menghitung luas lingkaran rumus yang digunakan adalah sebagai berikut: Contoh soal 1: Berapakah luas sebuah lingkaran yang memiliki jari-jari 15 cm? Jawab: Contoh soal 2: Berapakah luas sebuah lingkaran yang memiliki diameter 9 m? Jawab: Untuk menghitung luas lingkaran di microsoft excel kita bisa menggunakan fungsi PI(). Dengan menggunakan fungsi PI() tersebut kita bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat. Sebagai contoh untuk soal 2, formula atau rumus perhitungan luas lingkaran yang kita gunakan sebagai berikut : = 1/4*PI()*9^2 Atau bila anda ingin menggunakan referensi sel maka dapat dilihat pada contoh be...

Cara Print 2,3,4,6 Atau 9 Slide Power Point Dalam Satu Lembar Kertas

Saat membutuhkan tampilan slide sebagai draft dokumen kita bisa mencetak beberapa slide power point dalam satu lembar kertas sekaligus. Pilihan yang sediakan oleh microsoft powerpoint adalah 1,2,3,4, 6 atau 9 slide dicetak dalam satu lembar kertas. Dengan pencetakan tersebut tentunya kita akan lebih menghemat pemakaian hemat kertas. Untuk mencetak 2 atau lebih slide power point dalam selembar kertas kita harus menggunakan mode "Handouts" seperti cara berikut ini:   Buka file presentasi yang akan dicetak Munculkan dialog Print dengan menekan shortcut tombol CTRL+P Pada dialog tersebut, pilih terlebih dahulu printer yang akan dipakai untuk mencetak Lalu ganti isi kotak Print what dengan item Handouts Selanjutnya pada kotak Slides per Page yang ada di bagian Handouts pilih banyaknya slide yang akan dicetak dalam 1 lembar kertas, misalkan 2 untuk mencetak dua slide presentasi per lembar Lalu klik OK Dokumen anda akan dicetak dengan menggunakan format Hando...

Cara Ambil dan Menghilangkan Huruf/Karakter dari Teks di Excel

Mengambil dan Menghapus sebagian teks di Microsoft Excel - Saat bekerja tidak jarang kita memiliki data yang “berlebihan”. Maksudnya, kita hanya ingin sebagian dari data tersebut yang akan kita pakai sedangkan sisa yang lainnya di buang. Misalkan kita memiliki kolom yang berisi tempat dan tanggal lahir, data yang kita inginkan hanya tempat lahir saja, atau mungkin tanggal lahir saja. Bila data hanya berisi satu atau dua tentu tidak menjadi masalah. Problem timbul ketika bagian data yang harus dibuang ternyata ada puluhan, ratusan atau mungkin ribuan. Pada kesempatan yang lalu saya telah memberitahukan bagaimana cara mengambil sebagian teks dari microsoft excel. Ilmu tersebut sangat berguna dan menjadi dasar untuk postingan kali ini. Hal yang paling dasar adalah sebelum memulai menghilangkan huruf/karakter teks, anda harus benar-benar mengenal format data yang anda miliki.   1. Hanya mengambil karakter/huruf pada awal data. Untuk mengambil beberapa karakter/huruf pada awal teks d...