Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi Hasil Print/Cetak yang Kecil

Cara supaya hasil print normal, tidak kecil - Print atau mencetak laporan ataupun tugas sekolah/kuliah sudah pasti menjadi muara dari segala hasil pengeditan dokumen kita. Apa yang kita kerjakan sudah pasti akan sangat tergantung pada hasil cetak printer. Salah satu problem yang sering ditemui saat proses mencetak adalah hasil print yang lebih kecil dari yang seharusnya. Pertanyaan terbesar adalah KENAPA BISA BEGITU? Padahal ukuran font, kertas yang digunakan dalam dokumen Microsoft Word semua sudah sesuai dengan kertas yang akan digunakan.

Sebenarnya tidak terlalu susah untuk membalikkan hasil print dokumen ke ukuran “normal” karena hal tersebut bisa saja karena ukuran kertas printer yang tidak sama. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Pertama-tama pastikan ukuran kertas yang ada di dokumen sudah sesuai dengan ukuran kertas “real” yang akan digunakan sebagai media hasil cetakan. Caranya klik Page Layout, kemudian klik Size lalu pilih ukuran kertas yang akan digunakan, baik itu F4, A4, letter, legal, atau apapun itu.
  2. Kemudian klik File --> Print atau tekan tombol keyboard CTRL+P. Pada tampilan Print klik link/tombol Printer Properties.
  3. Pada dialog printer properties, ubah ukuran kertas pada setting printer sesuai dengan ukuran kertas yang akan dipakai mencetak (misal F4). Biasanya hasil print yang kecil terjadi karena ukuran kertas anda (misal F4) lebih besar dari ukuran kertas yang ada pada setting printer (misal letter). Sehingga hasil print akan menjadi kecil karena mengalami proses “stretching” atau penyesuaian dengan ukuran kertas asli.
  4. Selanjutnya lihat tab atau opsi lain yang ada di printer untuk memastikan tidak adanya reduce/enlarge hasil print. Misalnya pada printer Epson TX-300 yang saya pakai, opsi untuk pengaturan stretch tersebut berada pada tab Page layout, lalu kita tinggal hilangkan tanda cek pada opsi reduce/enlarge document. Demikian juga, hilangkan tanda cek multi page atau page per sheet, 2 side printing, dan lain sebagainya. Pokoknya setting printer anda untuk mode “normal”.
  5. Setelah semua pengaturan selesai, klik tombol OK dan klik juga tombol Print untuk memulai proses pencetakan.
    Tunggu dengan sabar, mudah-mudahan hasil print out anda sudah normal kembali ;)

 

Tips Mengatasi Hasil Print/Cetak yang Kecil atau Tidak Sesuai

  • Setting setiap printer berbeda-beda, butuh kejelian anda untuk melihat dimana setting kertas dan opsi stretch atau reduce/enlarge document.
  • Bila anda tidak menemukan setting ukuran kertas F4, 8.5x13 in atau folio ada setting di printer, coba saja dengan ukuran kertas Legal. Meskipun demikian, terkadang juga diperlukan pengaturan margin kembali

Komentar

  1. Mohon bantuannya untuk mengatasai saat print preview kelihatan tapi setlah di print kok tidak muncul, bagaimana solusinya...? terima kasih

    BalasHapus
  2. Terima kasih informasinya. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Ini udah kucobaa, kenapa hasilnya tetep kecio ya tulisannya padahal udah sesuai sama aturannya kerrtasnya juga

    BalasHapus
  4. terimakasih info dan solusinya juragan.....

    BalasHapus
  5. bantu dong, mengatasi kalau ngeprint pdf hasilnya jadi kecil banget, tapi klw print yg lain normal aja hasilnya

    BalasHapus
  6. bantu dong, saya pengguna gestetner MP2014D, kadang kadang saat ngeprint word tulisan jadi kecil, gimana solusinya

    BalasHapus
  7. kak maaf saya mau nnya tapi aga melenceng dari topik di atas saya udh bingung mau nyari cara dimn, printer saya dulu msih bisa nge print dokumen tpi semenjak printer saya di infus dengan tinta baru printer saya sudah tidak bisa nge print dokumen tetapi untuk ngeprint foto bisa ada yg bilang di settings nya tpi saya bingung di bagian mana nya,mohon kak pencerahan nya saya bingung bgt krna ga ada yg ngerti :(

    BalasHapus
  8. itu printernya minta di lembiru gan

    BalasHapus
  9. Kalo di printer hp deskjet sama gak bang caranya

    BalasHapus

Posting Komentar

SPAM akan dihapus.

Post Terkait

Tidak ketemu? Coba cari..

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghitung Skala Peta, Luas Dan Jarak Sebenarnya

Skala adalah ukuran yang dipakai untuk mengukur perbandingan ukuran sesuatu gambar atau model dengan ukuran sebenarnya. Pembahasan mengenai skala pada artikel ini terbagi atas: Pengertian Skala Skala Angka pada Peta Menghitung jarak sebenarnya Menghitung luas Pada Peta Membuat Skala Peta Skala Batang pada Peta Contoh Penggunaan Skala pada Peta Google Map Pengertian Skala Definisi skala peta adalah jarak atau ukuran sebenarnya (yang asli) dianggap sama dalam suatu ukuran pembanding yang biasanya lebih kecil. Skala biasanya berupa angka perbandingan atau juga dapat berupa garis atau titik tanda yang berderet-deret yang sama jarak antaranya. Salah satu penggunaan skala yang paling penting dan paling sering adalah skala dalam gambar peta. Dengan menggunakan skala angka pengukuran jarak atau panjang yang ada di dalam peta akan dapat diperoleh dengan lebih presisi/tepat sesuai dengan ukuran skala. Ada dua jenis skala yang biasanya digunakan pada peta, yakni skal...

Cara Membuat Dua Baris Ketikan Dalam Satu Sel Ms Excel

Umumnya sebuah sel di microsoft excel terdiri atas satu baris saja. Apabila baris ketikan yang kita miliki panjang dan melebihi lebar sel maka kita bisa membuat ketikan tersebut dilanjutkan pada baris berikutnya dalam sel yang sama dengan menggunakan wrap text. Selanjutnya kita bisa membuat baris baris kedua, ketiga dan berikutnya dengan memanfaatkan sel yang ada dibawahnya. Sebenarnya bila kita ingin, kita bisa membuat sebuah sel di microsoft excel memiliki dua baris atau lebih, tanpa harus mengunakan beberapa sel. Kuncinya adalah bila kita ingin membuat baris baru, tombol yang kita tekan adalah ALT+ENTER . Untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut. Ketik baris pertama pada sebuah sel Pada akhir baris pertama, tekan tombol ALT+ENTER Selanjutnya ketik baris kedua, dan pada akhir baris tekan kembali tombol ALT+ENTER untuk membuat baris ketiga Ulangi lagi untuk baris ketiga dan seterusnya Bila ketikan untuk sel tersebut telah selesai, tekan tombol ENTER Bila ketikan a...

Rumus Luas Lingkaran

Aplikasi pemakaian lingkaran dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak sekali dan tidak jarang kita perlu mengetahui luas suatu lingkaran. Rumus luas lingkaran adalah pi dikali kwadrat dari jari-jari atau pi dikali seperempat kwadrat diameter. Pi merupakan suatu bilangan konstanta (tetap) yang memiliki nilai sekitar 22/7 atau sering ditulis dengan 3,14159… Untuk menghitung luas lingkaran rumus yang digunakan adalah sebagai berikut: Contoh soal 1: Berapakah luas sebuah lingkaran yang memiliki jari-jari 15 cm? Jawab: Contoh soal 2: Berapakah luas sebuah lingkaran yang memiliki diameter 9 m? Jawab: Untuk menghitung luas lingkaran di microsoft excel kita bisa menggunakan fungsi PI(). Dengan menggunakan fungsi PI() tersebut kita bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat. Sebagai contoh untuk soal 2, formula atau rumus perhitungan luas lingkaran yang kita gunakan sebagai berikut : = 1/4*PI()*9^2 Atau bila anda ingin menggunakan referensi sel maka dapat dilihat pada contoh be...

Cara Print 2,3,4,6 Atau 9 Slide Power Point Dalam Satu Lembar Kertas

Saat membutuhkan tampilan slide sebagai draft dokumen kita bisa mencetak beberapa slide power point dalam satu lembar kertas sekaligus. Pilihan yang sediakan oleh microsoft powerpoint adalah 1,2,3,4, 6 atau 9 slide dicetak dalam satu lembar kertas. Dengan pencetakan tersebut tentunya kita akan lebih menghemat pemakaian hemat kertas. Untuk mencetak 2 atau lebih slide power point dalam selembar kertas kita harus menggunakan mode "Handouts" seperti cara berikut ini:   Buka file presentasi yang akan dicetak Munculkan dialog Print dengan menekan shortcut tombol CTRL+P Pada dialog tersebut, pilih terlebih dahulu printer yang akan dipakai untuk mencetak Lalu ganti isi kotak Print what dengan item Handouts Selanjutnya pada kotak Slides per Page yang ada di bagian Handouts pilih banyaknya slide yang akan dicetak dalam 1 lembar kertas, misalkan 2 untuk mencetak dua slide presentasi per lembar Lalu klik OK Dokumen anda akan dicetak dengan menggunakan format Hando...

Cara Ambil dan Menghilangkan Huruf/Karakter dari Teks di Excel

Mengambil dan Menghapus sebagian teks di Microsoft Excel - Saat bekerja tidak jarang kita memiliki data yang “berlebihan”. Maksudnya, kita hanya ingin sebagian dari data tersebut yang akan kita pakai sedangkan sisa yang lainnya di buang. Misalkan kita memiliki kolom yang berisi tempat dan tanggal lahir, data yang kita inginkan hanya tempat lahir saja, atau mungkin tanggal lahir saja. Bila data hanya berisi satu atau dua tentu tidak menjadi masalah. Problem timbul ketika bagian data yang harus dibuang ternyata ada puluhan, ratusan atau mungkin ribuan. Pada kesempatan yang lalu saya telah memberitahukan bagaimana cara mengambil sebagian teks dari microsoft excel. Ilmu tersebut sangat berguna dan menjadi dasar untuk postingan kali ini. Hal yang paling dasar adalah sebelum memulai menghilangkan huruf/karakter teks, anda harus benar-benar mengenal format data yang anda miliki.   1. Hanya mengambil karakter/huruf pada awal data. Untuk mengambil beberapa karakter/huruf pada awal teks d...