Langsung ke konten utama

Cara Menentukan Tanggal Angsuran Bulanan di Ms Excel

Membuat Tanggal angsuran mengikuti jumlah maksimal hari dalam satu bulan - Salah satu kebiasaan atau cara pembayaran cicilan/angsuran adalah dengan menetapkan tanggal jatuh tempo yang sama setiap bulan. Dari artikel terakhir tentang bagaimana cara menentukan tanggal angsuran /cicilan setiap bulan saya jadi merasa seperti mempunyai pe-er. Di bagian akhir artikel tersebut hanya menyarankan kepada para pembaca untuk menentukan sendiri dengan fungsi logika IF() apakah sebuah tanggal ada atau tidak pada bulan berikutnya. Sebagai contoh, jika tanggal jatuh tempo angsuran anda adalah tanggal 28 bulan februari, tentu bulan maret, april, mei dst akan jatuh tempo juga tanggal 28 setiap bulannya. Akan tetapi lain halnya jika cicilan pertama anda pada tanggal 31 januari, maka tanggal jatuh tempo berikutnya harus berubah menjadi tanggal 28 februari, 31 maret, 30 april, 31 mei, dst mengikuti tanggal terakhir yang ada pada bulan tersebut. Logika untuk membuat tanggal angsuran sama setiap bulannya atau maksimal berada pada tanggal di akhir bulan bisa dijelaskan sebagai berikut : Di microsoft excel, kita bisa menggunakan fungsi DAY() untuk mendapatkan hari dalam sebuah tanggal. Sedangkan untuk mendapatkan tanggal maksimal dalam sebuah bulan kita bisa gunakan fungsi EOMONTH(), atau kalau untuk mendapatkan jumlah hari maksimal dalam sebuah bulan saja maka kita gabungkan saja fungsi DAY() dengan EOMONTH(). Untuk lebih jelasnya kita langsung saja dengan contoh. Misalkan kita punya sebuah tanggal 16 februari 2014 yang kalau ditulis dalam excel adalah “2/16/2014”. Untuk mendapatkan tanggal / hari dari penanggalan tersebut kita gunakan rumus excel =DAY(“2/16/2014”) dimana hasilnya adalah nilai 16. Sedangkan untuk mengetahui jumlah hari pada bulan tersebut kita gunakan rumus =DAY(EOMONTH(“2/16/2014”)) dimana hasilnya adalah 28 (jumlah hari terbanyak di bulan februari tahun 2014). Kembali ke awal, ke perhitungan rumus untuk menentukan tanggal yang sama setiap bulannya. Kalau begitu untuk rumus tersebut kita bisa modifikasi sebagai berikut : Pada gambar tersebut terlihat bahwa tanggal akan mengikuti maksimal hari dalam satu bulan. Rumus yang dibuat juga cukup panjang tetapi dapat diterangkan sebagai berikut : Fungsi IF() menunjukkan kita menggunakan fungsi logika IF() dengan kondisi yang dibandingkan adalah DAY($B$2) yang artinya tanggal angsuran, sedangkan DAY(EOMONTH(DATE(YEAR($B$2),MONTH($B$2)+A2,1),0)) akan memberikan jumlah maksimal hari yang ada pada bulan berikutnya, berikutnya, dst. Selanjutnya jika kondisi tersebut YA (dimana tanggal lebih besar dari jumlah maksimal hari) maka gunakan tanggal dengan jumlah maksimal hari pada bulan tersebut yang ditulis dengan EOMONTH(DATE(YEAR($B$2),MONTH($B$2)+A2,1),0),DATE(YEAR($B$2) Sedangkan jika kondisi tersebut tidak (menunjukkan tanggal masih sama atau lebih kecil dari jumlah hari pada bulan tersebut) maka gunakan tanggal tersebut di bulan yang berkenaan yang ditulis dengan MONTH($B$2)+A2,DAY($B$2))) .
 

Tips Menentukan Tanggal Angsuran di Microsoft Excel

Fungsi DATE() akan membuat tanggal sesuai dengan tahun, bulan, dan tanggal(hari) yang diberikan. Sebagai contoh, =DATE( 2014, 2, 16) akan memberikan nilai tanggal 16 Februari 2014. Ada banyak jalan menuju roma. Anda juga bisa membuat rumus yang berbeda untuk mendapatkan tanggal cicilan yang sama di microsoft excel.

Komentar

Post Terkait

Tidak ketemu? Coba cari..

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghitung Skala Peta, Luas Dan Jarak Sebenarnya

Skala adalah ukuran yang dipakai untuk mengukur perbandingan ukuran sesuatu gambar atau model dengan ukuran sebenarnya. Pembahasan mengenai skala pada artikel ini terbagi atas: Pengertian Skala Skala Angka pada Peta Menghitung jarak sebenarnya Menghitung luas Pada Peta Membuat Skala Peta Skala Batang pada Peta Contoh Penggunaan Skala pada Peta Google Map Pengertian Skala Definisi skala peta adalah jarak atau ukuran sebenarnya (yang asli) dianggap sama dalam suatu ukuran pembanding yang biasanya lebih kecil. Skala biasanya berupa angka perbandingan atau juga dapat berupa garis atau titik tanda yang berderet-deret yang sama jarak antaranya. Salah satu penggunaan skala yang paling penting dan paling sering adalah skala dalam gambar peta. Dengan menggunakan skala angka pengukuran jarak atau panjang yang ada di dalam peta akan dapat diperoleh dengan lebih presisi/tepat sesuai dengan ukuran skala. Ada dua jenis skala yang biasanya digunakan pada peta, yakni skal...

Cara Membuat Dua Baris Ketikan Dalam Satu Sel Ms Excel

Umumnya sebuah sel di microsoft excel terdiri atas satu baris saja. Apabila baris ketikan yang kita miliki panjang dan melebihi lebar sel maka kita bisa membuat ketikan tersebut dilanjutkan pada baris berikutnya dalam sel yang sama dengan menggunakan wrap text. Selanjutnya kita bisa membuat baris baris kedua, ketiga dan berikutnya dengan memanfaatkan sel yang ada dibawahnya. Sebenarnya bila kita ingin, kita bisa membuat sebuah sel di microsoft excel memiliki dua baris atau lebih, tanpa harus mengunakan beberapa sel. Kuncinya adalah bila kita ingin membuat baris baru, tombol yang kita tekan adalah ALT+ENTER . Untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut. Ketik baris pertama pada sebuah sel Pada akhir baris pertama, tekan tombol ALT+ENTER Selanjutnya ketik baris kedua, dan pada akhir baris tekan kembali tombol ALT+ENTER untuk membuat baris ketiga Ulangi lagi untuk baris ketiga dan seterusnya Bila ketikan untuk sel tersebut telah selesai, tekan tombol ENTER Bila ketikan a...

Rumus Luas Lingkaran

Aplikasi pemakaian lingkaran dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak sekali dan tidak jarang kita perlu mengetahui luas suatu lingkaran. Rumus luas lingkaran adalah pi dikali kwadrat dari jari-jari atau pi dikali seperempat kwadrat diameter. Pi merupakan suatu bilangan konstanta (tetap) yang memiliki nilai sekitar 22/7 atau sering ditulis dengan 3,14159… Untuk menghitung luas lingkaran rumus yang digunakan adalah sebagai berikut: Contoh soal 1: Berapakah luas sebuah lingkaran yang memiliki jari-jari 15 cm? Jawab: Contoh soal 2: Berapakah luas sebuah lingkaran yang memiliki diameter 9 m? Jawab: Untuk menghitung luas lingkaran di microsoft excel kita bisa menggunakan fungsi PI(). Dengan menggunakan fungsi PI() tersebut kita bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat. Sebagai contoh untuk soal 2, formula atau rumus perhitungan luas lingkaran yang kita gunakan sebagai berikut : = 1/4*PI()*9^2 Atau bila anda ingin menggunakan referensi sel maka dapat dilihat pada contoh be...

Cara Print 2,3,4,6 Atau 9 Slide Power Point Dalam Satu Lembar Kertas

Saat membutuhkan tampilan slide sebagai draft dokumen kita bisa mencetak beberapa slide power point dalam satu lembar kertas sekaligus. Pilihan yang sediakan oleh microsoft powerpoint adalah 1,2,3,4, 6 atau 9 slide dicetak dalam satu lembar kertas. Dengan pencetakan tersebut tentunya kita akan lebih menghemat pemakaian hemat kertas. Untuk mencetak 2 atau lebih slide power point dalam selembar kertas kita harus menggunakan mode "Handouts" seperti cara berikut ini:   Buka file presentasi yang akan dicetak Munculkan dialog Print dengan menekan shortcut tombol CTRL+P Pada dialog tersebut, pilih terlebih dahulu printer yang akan dipakai untuk mencetak Lalu ganti isi kotak Print what dengan item Handouts Selanjutnya pada kotak Slides per Page yang ada di bagian Handouts pilih banyaknya slide yang akan dicetak dalam 1 lembar kertas, misalkan 2 untuk mencetak dua slide presentasi per lembar Lalu klik OK Dokumen anda akan dicetak dengan menggunakan format Hando...

Cara Ambil dan Menghilangkan Huruf/Karakter dari Teks di Excel

Mengambil dan Menghapus sebagian teks di Microsoft Excel - Saat bekerja tidak jarang kita memiliki data yang “berlebihan”. Maksudnya, kita hanya ingin sebagian dari data tersebut yang akan kita pakai sedangkan sisa yang lainnya di buang. Misalkan kita memiliki kolom yang berisi tempat dan tanggal lahir, data yang kita inginkan hanya tempat lahir saja, atau mungkin tanggal lahir saja. Bila data hanya berisi satu atau dua tentu tidak menjadi masalah. Problem timbul ketika bagian data yang harus dibuang ternyata ada puluhan, ratusan atau mungkin ribuan. Pada kesempatan yang lalu saya telah memberitahukan bagaimana cara mengambil sebagian teks dari microsoft excel. Ilmu tersebut sangat berguna dan menjadi dasar untuk postingan kali ini. Hal yang paling dasar adalah sebelum memulai menghilangkan huruf/karakter teks, anda harus benar-benar mengenal format data yang anda miliki.   1. Hanya mengambil karakter/huruf pada awal data. Untuk mengambil beberapa karakter/huruf pada awal teks d...