Langsung ke konten utama

Cara Menghitung Persentase Bunga

Rumus persentase bunga- Saat kita meminjam ke Bank akan dikenakan bunga. Saat kita menabung baik dalam bentuk tabungan maupun deposito di Bank kita juga akan menerima bunga. Demikian juga dengan cicilan kartu kredit, dan masih banyak lagi. Semua perhitungan dianggap lebih mudah dengan menggunakan mekanisme bunga. Pada dasarnya, untuk mengetahui besaran persentase bunga dari tabungan / pinjaman, kita dapat membandingkan angka modal awal dan Total akhir. Rumus menghitung persentase bunga secara sederhana adalah :
Bunga = (Total – Modal) / Modal x 100%
dimana Bunga adalah besaran persentase bunga yang dicari
Total adalah nilai akhir atau total
Modal adalah nilai awal atau modal awal

 

 

Contoh Menghitung Persentase Bunga 1

Soal.
Andi menabung uangnya di bank sebesar Rp 20.000.000,- . Setelah satu tahun, tabungan andi menjadi Rp 20.400.000,- . Berapakah persentase bunga tabungan Andi? Jawab.
Diketahui:
Modal = Rp 20.000.000,-
Total = Rp 20.400.000,-
Bunga = (Total – Modal) / Modal x 100%
Bunga = (Rp 20.400.000 – Rp 20.000.000) / Rp 20.000.000 x 100% = ( Rp 400.000) / Rp 20.000.000 x 100% = 0,02 x 100% = 2%.
Jadi persentase bunga tabungan Andi untuk jangka waktu satu tahun adalah 2%.

Contoh Menghitung Persentase Bunga 2

Soal.
Shanti memiliki deposito di bank sebesar Rp 10.000.000,- . Bila nilai deposito Shanti setelah satu tahun adalah sebesar Rp 10.600.000,-. Berapa persentase bunga deposito per tahun ?
Jawab.
Diketahui:
Modal = Rp 10.000.000,-
Total = Rp 10.600.000,-
Bunga = (Total – Modal) / Modal x 100%
Bunga = (Rp 10.600.000 – Rp 10.000.000) / Rp 10.000.000 x 100% = ( Rp 600.000) / Rp 10.000.000 x 100% = 0,06 x 100% = 6%.
Jadi persentase bunga tabungan Shanti untuk jangka waktu satu tahun adalah 6%.
 

Tips Menghitung Persentase Kenaikan

Seperti halnya penyederhanaan pecahan, terkadang untuk mempermudah dan mempercepat perhitungan bisa dilakukan dengan cara menyederhanakan penyebut (nilai modal )dengan angka 100 atau dengan nilai pembilang (selisih Total - Modal).

Komentar

  1. Rumus menghitung persen bunga mau per bulan atau pertahun tetap sama ya kak ?

    BalasHapus
  2. Terimakasih banyak tugas sekolah saya jadi benar semua

    BalasHapus
  3. rugi cuk kalo cmn 2%

    BalasHapus
  4. Saya bingung
    Pak darma meminjam uang di bank sebesar RP50 000 000 dia mengangsur pinjaman tersabut dengan nominal RP100.000 perbulan selama 5 tahun.persentase bunga pertahun yang di syaratkan oleh bank tersabut adalah.....

    BalasHapus
  5. Tetep Ndak ngerti 😭

    BalasHapus

Posting Komentar

SPAM akan dihapus.

Post Terkait

Tidak ketemu? Coba cari..

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghitung Skala Peta, Luas Dan Jarak Sebenarnya

Skala adalah ukuran yang dipakai untuk mengukur perbandingan ukuran sesuatu gambar atau model dengan ukuran sebenarnya. Pembahasan mengenai skala pada artikel ini terbagi atas: Pengertian Skala Skala Angka pada Peta Menghitung jarak sebenarnya Menghitung luas Pada Peta Membuat Skala Peta Skala Batang pada Peta Contoh Penggunaan Skala pada Peta Google Map Pengertian Skala Definisi skala peta adalah jarak atau ukuran sebenarnya (yang asli) dianggap sama dalam suatu ukuran pembanding yang biasanya lebih kecil. Skala biasanya berupa angka perbandingan atau juga dapat berupa garis atau titik tanda yang berderet-deret yang sama jarak antaranya. Salah satu penggunaan skala yang paling penting dan paling sering adalah skala dalam gambar peta. Dengan menggunakan skala angka pengukuran jarak atau panjang yang ada di dalam peta akan dapat diperoleh dengan lebih presisi/tepat sesuai dengan ukuran skala. Ada dua jenis skala yang biasanya digunakan pada peta, yakni skal...

Cara Membuat Dua Baris Ketikan Dalam Satu Sel Ms Excel

Umumnya sebuah sel di microsoft excel terdiri atas satu baris saja. Apabila baris ketikan yang kita miliki panjang dan melebihi lebar sel maka kita bisa membuat ketikan tersebut dilanjutkan pada baris berikutnya dalam sel yang sama dengan menggunakan wrap text. Selanjutnya kita bisa membuat baris baris kedua, ketiga dan berikutnya dengan memanfaatkan sel yang ada dibawahnya. Sebenarnya bila kita ingin, kita bisa membuat sebuah sel di microsoft excel memiliki dua baris atau lebih, tanpa harus mengunakan beberapa sel. Kuncinya adalah bila kita ingin membuat baris baru, tombol yang kita tekan adalah ALT+ENTER . Untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut. Ketik baris pertama pada sebuah sel Pada akhir baris pertama, tekan tombol ALT+ENTER Selanjutnya ketik baris kedua, dan pada akhir baris tekan kembali tombol ALT+ENTER untuk membuat baris ketiga Ulangi lagi untuk baris ketiga dan seterusnya Bila ketikan untuk sel tersebut telah selesai, tekan tombol ENTER Bila ketikan a...

Rumus Luas Lingkaran

Aplikasi pemakaian lingkaran dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak sekali dan tidak jarang kita perlu mengetahui luas suatu lingkaran. Rumus luas lingkaran adalah pi dikali kwadrat dari jari-jari atau pi dikali seperempat kwadrat diameter. Pi merupakan suatu bilangan konstanta (tetap) yang memiliki nilai sekitar 22/7 atau sering ditulis dengan 3,14159… Untuk menghitung luas lingkaran rumus yang digunakan adalah sebagai berikut: Contoh soal 1: Berapakah luas sebuah lingkaran yang memiliki jari-jari 15 cm? Jawab: Contoh soal 2: Berapakah luas sebuah lingkaran yang memiliki diameter 9 m? Jawab: Untuk menghitung luas lingkaran di microsoft excel kita bisa menggunakan fungsi PI(). Dengan menggunakan fungsi PI() tersebut kita bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat. Sebagai contoh untuk soal 2, formula atau rumus perhitungan luas lingkaran yang kita gunakan sebagai berikut : = 1/4*PI()*9^2 Atau bila anda ingin menggunakan referensi sel maka dapat dilihat pada contoh be...

Trik Membuat Rumus Matematika Rumit Menggunakan Tabel

Saat mengetik skripsi atau tesis biasanya kita perlu juga mengetik rumus matematika. Untuk membuat rumus matematika yang sederhana seperti halnya hanya berupa rumus, fungsi atau pun persamaan kuadrat / polinomial kita bisa menggunakan cara membuat rumus matematika sederhana. Lantas bagaimana bila rumus tersebut cukup rumit seperti yang tampak pada gambar di bawah? :) Untuk membuat persamaan di atas kita bisa memanfaatkan tabel. Kelebihan penggunaan tabel dan rumus sederhana adalah dokumen yang kita buat memiliki kompatibilitas tinggi karena akan bisa dibuka oleh aplikasi Microsoft Word yang tidak memiliki equation editor. Cara untuk membuat rumus matematika tersebut adalah sebagai berikut : Pertama-tama perhatikan bahwa rumus tersebut sebenarnya baik pembilang maupun penyebut yang ada pada rumus tersebut merupakan bentuk rumus sederhana yang hanya menggunakan simbol dan pangkat. Bila anda membuatnya dalam bentuk tabel anda bisa membuatnya menjadi tabel dengan ukuran 2 baris...

Cara Menghitung Rata-Rata Nilai di Ms Excel

Perhitungan merupakan kelebihan microsoft excel. Kita bisa mendapatkan nilai rata-rata dari sekumpulan bilangan dengan mudah menggunakan fungsi AVERAGE . Dengan Average anda tidak perlu melaukan perhitungan mencari nilai rata-rata secara manual. Berikut cara untuk menggunakan fungsi AVERAGE pada dokumen microsoft excel. Letakan posisi kursor pada sel yang akan diberikan hasil perhitungan Ketik =AVERAGE( Pilih atau blok sel yang akan anda hitung rata-ratanya, misal D5:D14 . Ketik ) (tutup kurung), sehingga rumus lengkapnya =AVERAGE(D5:D14) Tekan enter Nilai rata-rata akan ditampilkan Tips Cara Menghitung Rata-Rata Nilai di Ms Excel Bila di area sel yang akan anda jumlahkan memiliki ada sel kosong atau yang berisi bukan bilangan atau angka, maka sel tersebut akan diabaikan (tidak diikut sertakan) dalam perhitungan nilai rata-rata. Bila anda ingin sel yang berisi teks juga diikut sertakan dalam perhitungan rata-rata maka gunakan fungsi AVERAGEA .