Langsung ke konten utama

Cara Menghitung Persentase Kenaikan Gaji

Menghitung kenaikan gaji dan mencari persentase kenaikan - Semua orang paling senang kalau gajinya naik tetapi pekerjaannya tetap. Yang paling disorot adalah ketika naiknya gaji PNS. Biasanya meskipun baru isu / kabar burung gaji naik sekian persen pun akan langsung coba dihitung berapa nilai Rupiahnya. Atau sebaliknya, jika tahu rupiah yang diterima mengalami peningkatan maka akan langsung dihitung berapa persen kenaikan gajinya. Ada beberapa rumus yang berkaitan dalam perhitungan persentase kenaikan gaji:

 

Rumus Menghitung Jumlah Kenaikan Gaji

Rumus ini biasanya digunakan untuk mengetahui berapa rupiah tambahan gaji yang akan diterima

 

Tambahan Rupiah = Gaji Awal x persentase kenaikan

 

Contoh 1 :
Anto seorang PNS dengan gaji bulanan Rp 3.000.000,- berapa rupiah kenaikan gaji yang akan diterima Anto jika dia mendapatkan kenaikan gaji sebesar 6% ?

Jawab:
Diketahui :
Gaji Awal = Rp 3.000.000,-
Persentase Kenaikan = 6%

Tambahan Rupiah = Gaji Awal x Persentase Kenaikan
= Rp 3.000.000,- x 6% = Rp 180.000,-

 

Contoh 2 :
Asri memiliki gaji bulanan Rp 5.000.000,- berapa rupiah kenaikan gaji yang akan diterima Asri jika dia mendapatkan kenaikan gaji sebesar 5% ?

Jawab:

Tambahan Rupiah = Gaji Awal x Persentase Kenaikan
= Rp 5.000.000,- x 5% = Rp 250.000,-

 

 

Rumus Menghitung Gaji Baru setelah Kenaikan

Rumus ini biasanya digunakan untuk mengetahui berapa rupiah gaji yang akan diterima setelah persentase kenaikan ditambahkan

 

Gaji Baru = Gaji Awal x (1 + persentase kenaikan)

 

Contoh 3 :
Alwi memiliki gaji bulanan Rp 2.000.000,- berapakah gaji baru yang akan diterima oleh Alwi jika dia mendapatkan kenaikan gaji sebesar 6% ?

Jawab:
Gaji baru = Rp 2.000.000,- x (1 + 6%) = Rp 2.000.000,- x 106% = Rp 2.120.000,-
Kenapa 1+6% = 106%? Ingat, 1 = 100%, jadi 1+6%=100% + 6% = 106%

 

Contoh 4 :
Asti memiliki gaji bulanan Rp 3.000.000,- berapakah gaji baru yang akan diterima oleh Asti jika dia mendapatkan kenaikan gaji sebesar 5% ?

Jawab:
Gaji baru = Rp 3.000.000,- x (1 + 5%) = Rp 3.000.000,- x 105% = Rp 3.150.000,-

 

 

Rumus Mencari Persentase Kenaikan Gaji

Bagi sebagian orang yang kaget mendapati gaji bulanannya telah naik, selain menghitung jumlah kenaikan gaji juga biasanya akan mencari tahu berapa persen gaji naik. Ada dua cara yang biasa digunakan, car pertama adalah membandingkan selisih kenaikan gaji dengan gaji lama, atau cara kedua adalah langsung membandingkan gaji baru dengan gaji lama lalu dikurangi 100% seperti yang terlihat pada kedua rumus di bawah ini :

  Rumus 1 :

Persentase kenaikan = (gaji baru –gaji lama) / gaji lama x 100%

 

  Rumus 2 :

Persentase kenaikan = (gaji baru / gaji lama x 100%)-100%

 

 

Contoh 5 :
Bulan ini Adul memiliki gaji bulanan baru sebesar Rp 5.000.000,- Gaji sebelumnya adalah Rp 4.000.000,- Berapa persenkah kenaikan gaji Adul ?

Jawab:

Rumus 1:
Persentase Kenaikan = (Rp 5.000.000 – Rp 4.000.000) / Rp 4.000.000 x 100% = 25%

Rumus 2:
Persentase Kenaikan = (Rp 5.000.000 / Rp 4.000.000 x 100%) – 100% = 125% – 100% =25%

Khusus untuk excel, anda bisa melakukannya dengan rumus seperti yang tampak pada gambar dibawah. Anda tidak perlu mengalikan dengan 100%, tapi cukup dengan merubah format cell B3 menjadi persen. Ingat, 0,25 = 25%.


 

Tips Menghitung Persentase Kenaikan Gaji

Saat melakukan perhitungan gaji dengan microsoft excel ada baiknya anda memperhatikan format angka yang digunakan. Terkadang kita mengalikan persentase dengan 100, sehingga bila kita memiliki angka sebenarnya adalah 12,5% di excel kita biasa menulis diexcel dengan 12,5 bukan 0,125. Bila demikian, jangan lupa untuk membagi angka tersebut dengan 100 sebelum digunakan dalam perhitungan.

Komentar

Post Terkait

Tidak ketemu? Coba cari..

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghitung Skala Peta, Luas Dan Jarak Sebenarnya

Skala adalah ukuran yang dipakai untuk mengukur perbandingan ukuran sesuatu gambar atau model dengan ukuran sebenarnya. Pembahasan mengenai skala pada artikel ini terbagi atas: Pengertian Skala Skala Angka pada Peta Menghitung jarak sebenarnya Menghitung luas Pada Peta Membuat Skala Peta Skala Batang pada Peta Contoh Penggunaan Skala pada Peta Google Map Pengertian Skala Definisi skala peta adalah jarak atau ukuran sebenarnya (yang asli) dianggap sama dalam suatu ukuran pembanding yang biasanya lebih kecil. Skala biasanya berupa angka perbandingan atau juga dapat berupa garis atau titik tanda yang berderet-deret yang sama jarak antaranya. Salah satu penggunaan skala yang paling penting dan paling sering adalah skala dalam gambar peta. Dengan menggunakan skala angka pengukuran jarak atau panjang yang ada di dalam peta akan dapat diperoleh dengan lebih presisi/tepat sesuai dengan ukuran skala. Ada dua jenis skala yang biasanya digunakan pada peta, yakni skal...

Cara Membuat Dua Baris Ketikan Dalam Satu Sel Ms Excel

Umumnya sebuah sel di microsoft excel terdiri atas satu baris saja. Apabila baris ketikan yang kita miliki panjang dan melebihi lebar sel maka kita bisa membuat ketikan tersebut dilanjutkan pada baris berikutnya dalam sel yang sama dengan menggunakan wrap text. Selanjutnya kita bisa membuat baris baris kedua, ketiga dan berikutnya dengan memanfaatkan sel yang ada dibawahnya. Sebenarnya bila kita ingin, kita bisa membuat sebuah sel di microsoft excel memiliki dua baris atau lebih, tanpa harus mengunakan beberapa sel. Kuncinya adalah bila kita ingin membuat baris baru, tombol yang kita tekan adalah ALT+ENTER . Untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut. Ketik baris pertama pada sebuah sel Pada akhir baris pertama, tekan tombol ALT+ENTER Selanjutnya ketik baris kedua, dan pada akhir baris tekan kembali tombol ALT+ENTER untuk membuat baris ketiga Ulangi lagi untuk baris ketiga dan seterusnya Bila ketikan untuk sel tersebut telah selesai, tekan tombol ENTER Bila ketikan a...

Rumus Luas Lingkaran

Aplikasi pemakaian lingkaran dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak sekali dan tidak jarang kita perlu mengetahui luas suatu lingkaran. Rumus luas lingkaran adalah pi dikali kwadrat dari jari-jari atau pi dikali seperempat kwadrat diameter. Pi merupakan suatu bilangan konstanta (tetap) yang memiliki nilai sekitar 22/7 atau sering ditulis dengan 3,14159… Untuk menghitung luas lingkaran rumus yang digunakan adalah sebagai berikut: Contoh soal 1: Berapakah luas sebuah lingkaran yang memiliki jari-jari 15 cm? Jawab: Contoh soal 2: Berapakah luas sebuah lingkaran yang memiliki diameter 9 m? Jawab: Untuk menghitung luas lingkaran di microsoft excel kita bisa menggunakan fungsi PI(). Dengan menggunakan fungsi PI() tersebut kita bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat. Sebagai contoh untuk soal 2, formula atau rumus perhitungan luas lingkaran yang kita gunakan sebagai berikut : = 1/4*PI()*9^2 Atau bila anda ingin menggunakan referensi sel maka dapat dilihat pada contoh be...

Cara Print 2,3,4,6 Atau 9 Slide Power Point Dalam Satu Lembar Kertas

Saat membutuhkan tampilan slide sebagai draft dokumen kita bisa mencetak beberapa slide power point dalam satu lembar kertas sekaligus. Pilihan yang sediakan oleh microsoft powerpoint adalah 1,2,3,4, 6 atau 9 slide dicetak dalam satu lembar kertas. Dengan pencetakan tersebut tentunya kita akan lebih menghemat pemakaian hemat kertas. Untuk mencetak 2 atau lebih slide power point dalam selembar kertas kita harus menggunakan mode "Handouts" seperti cara berikut ini:   Buka file presentasi yang akan dicetak Munculkan dialog Print dengan menekan shortcut tombol CTRL+P Pada dialog tersebut, pilih terlebih dahulu printer yang akan dipakai untuk mencetak Lalu ganti isi kotak Print what dengan item Handouts Selanjutnya pada kotak Slides per Page yang ada di bagian Handouts pilih banyaknya slide yang akan dicetak dalam 1 lembar kertas, misalkan 2 untuk mencetak dua slide presentasi per lembar Lalu klik OK Dokumen anda akan dicetak dengan menggunakan format Hando...

Cara Ambil dan Menghilangkan Huruf/Karakter dari Teks di Excel

Mengambil dan Menghapus sebagian teks di Microsoft Excel - Saat bekerja tidak jarang kita memiliki data yang “berlebihan”. Maksudnya, kita hanya ingin sebagian dari data tersebut yang akan kita pakai sedangkan sisa yang lainnya di buang. Misalkan kita memiliki kolom yang berisi tempat dan tanggal lahir, data yang kita inginkan hanya tempat lahir saja, atau mungkin tanggal lahir saja. Bila data hanya berisi satu atau dua tentu tidak menjadi masalah. Problem timbul ketika bagian data yang harus dibuang ternyata ada puluhan, ratusan atau mungkin ribuan. Pada kesempatan yang lalu saya telah memberitahukan bagaimana cara mengambil sebagian teks dari microsoft excel. Ilmu tersebut sangat berguna dan menjadi dasar untuk postingan kali ini. Hal yang paling dasar adalah sebelum memulai menghilangkan huruf/karakter teks, anda harus benar-benar mengenal format data yang anda miliki.   1. Hanya mengambil karakter/huruf pada awal data. Untuk mengambil beberapa karakter/huruf pada awal teks d...